Pages

Pusat Riset dan Kajian Ilmiah Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang

Selasa, 30 Desember 2008

Konvergensi IT dan Telekomunikasi dan Keuntungan Bagi Masyarakat

Oleh: Pendi Setyawan

Fakultas Pertanian-Universitas Brawijaya

Dengan semakin berkembang pesatnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), seiring itu pula masyarakat Indonesia mulai dimanjakan oleh berbagai hasil dari teknologi tersebut. Bagaimana tidak komunikasi yang tadinya lama dan perlu biaya yang cepat sekarang sudah bisa digenggam dengan sebelah tangan dan lebih terjangkau secara ekonomis, ditambah yang dulunya masyarakat yang tertutup oleh dunia luar seakan-akan bangun dan terbelalak dengan apa yang melanda dunia luar dengan adanya jaringan internet dan semacamnya.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa dengan semakin pesatnya perkembangan IT dan telekomunikasi, maka perubahan-perubahan juga akan terjadi baik itu dalam bidang social kemasyarakatan, maupun bidang cultural (kebudayaan). Dimana semakin majunya akses komunikasi dan canggihnya teknologi, memaksa manusia untuk terus dapat berjalan beriringan dengan hal tersebut, agar tercapai suatu balance serta membangun integritas antara kehidupan manusia dengan perkembangan jaman yang ada.

Nampaknya masalah konvergensi IT dan telekomunikasi memang layak untuk diangkat di permukaan. Mengingat mata dan pikiran kita baik secara sadar ataupun tidak, akan tetap bergantung pada kedua hal itu. Perpaduan antara bidang teknologi serta inovasi yang timbul akibat berkembangnya telekomunikasi, secara tidak langsung akan berpengaruh pada pola pandang terhadap suatu perkembangan. Nah disinilah muncul harapan dengan adanya kombinasi antara IT dan teknologi komunikasi maka, kreativitas dapat muncul dengan sendirinya dan dengan kekuatan besarnya maka akan timbul berbagai layanan baru ataupun inovasi baru mencakup integritas atau proses peng-konvergenan dari IT dan telekomunikasi. Yang pada intinya akan semakin mempermudah aktivitas manusia. Khususnya dalam komunikasi baik itu berupa suara, tulisan sampai paket data yang saat ini terlihat semakin menjamur.

Dengan adanya konvergensi IT dan telekomunikasi akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, sehingga bisa dikatakan konvergensi IT dan telekomunikasi merupakan gerbang lebar bagi masyarakat untuk mengenali sekaligus memecahkan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat

Diantara bidang-bidang yang terkait langsung dengan adanya konvergensi IT dan telekomunikasi ini ialah:

BIDANG PENDIDIKAN

Pendidikan sebagai salah satu perhatian utama Bangsa Indonesia bahkan terdapat dalam batang tubuh UUD 1945 yaitu “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” memang merupakan suatu amanat besar yang diemban oleh Bangsa. Dan hal ini menunjukkan berapa pentingnya pendidikan bagi generasi bangsa, bahkan setiap era pemerintahan mengeluarkan strategi khusus untuk memenuhi dan menjalankan amanat tersebut. Dengan adanya konvergensi bidang teknologi informasi dan telekomunikasi, maka akan membuka peluang bagi para pelajar untuk mengakses informasi yang mereka perlukan untuk memperkaya khasanah pengetahuan mereka. Selain itu dengan adanya konvergensi IT dan telekomunikasi mampu menciptakan proses belajar mengajar tanpa batas misalnya dengan adanaya e-learning. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa dengan konvergensi IT dan telekomunikasi dapat mendukung program pemerintah dalam rangka untuk mencerdaskan putra-putri bangsa, yang notabennya sebagai penerus bangsa dikemudian hari.

BIDANG KESEHATAN

Konvergensi IT dan telekomunikasi dalam bidang kesehatan bisa berfungsi sebagai jalur penghubung bagi pemerintah. Khususnya terkait kebijakan di bidang kesehatan dengan masyarakat sebagai pelaksana kebijakan. Contoh nyata peranan konvergensi IT dan telekomunikasi dibidang ini ialah proses sosialisasi ASKESKIN yang merupakan kebijakan pemerintah dalam rangka mempermudah akses bagi keluarga miskin untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Sehingga dengan demikian diharapkan akan tercipta generasi penerus bangsa yang kuat baik secara fisik maupun psikis.

BIDANG EKONOMI

Dengan adanya konvergensi IT dan telekomunikasi diharapkan bisa meningkatkan terciptanya sektor-sektor ekonomi baru, mengingat Indonesia kaya dengan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia. Dan hal itu dapat terwujud apabila adanya komunikasi yang baik diantara semua aspek yang mempengaruhi terciptanya sektor ekonomi baru tersebut baik itu antar Sumber Daya Alam (SDA) atau Sumber Daya Alam (SDA) dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tentunya harus mempunyai kualitas yang tangguh.

Selain itu dengan adanya konvergensi IT telekomunikasi juga bermanfaat bagi industri-industri yang sangat tergantung dengan IT dan telekomunikasi seperti bidang perbankan. Bidang perbankan menawarkan banyak produk yang mempermudah nasabah untuk bertransaksi seperti SMS Banking, Phone banking dan Internet banking. Dengan majunya telekomunikasi, yaitu dengan adanya handhone nasabah bisa langsung melakukan transaksi tersebut di atas. Selain itu konvergensi IT dan telekomunikasi juga bisa mendongkrak pariwisata di Indonesia dengan meningkatkan promosi-promosi tempat-tempat wisata agar bisa maksimal. Dengan demikian tingkat perekonomian penduduk sekitar tempat pariwisata juga meningkat.

BIDANG HANKAM

Dengan adanya konvergensi IT dan telekomunikasi maka juga akan meningkatkan pertahanan dan keamanan Indonesia dengan cara membangun fasilitas-fasilitas telekomunikasi (fastel) di pulau-pulau terluar, di daerah terpencil dan didaerah yang rawan konflik.

Dari pemaparan di atas nampaknya masyarakat bersama pemerintah harus lebih terbuka dengan adanya perkembangan IT dan telekomunikasi. Mengingat kedua hal itu dapat menjadi kekuatan yang besar manakala, antara kedua hal tersebut mampu dikombinasikan untuk, mendukung suatu bidang tertentu atau untuk menciptakan suatu inovasi baru, yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat selaku pengguna dari teknologi Informasi dan Telekomunikasi. Tapi yang perlu dipertimbangkan juga ialah kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah agar benar-benar dikaji secara matang sehingga benar-benar kebijakan yang terbaik untuk masyarakat. Sedangkan bagi masyarakat jangan serta merta masyarakat bersifat konsumerisme sehingga mereka lalai pada jati dirinya sebagai bangsa Indonesia dan juga diharapkan masyarakat agar cepat berbenah diri yang tadinya hanya sekedar konsumen sedikit-demi sedikit beralih menjadi produsen, sehingga Bangsa kita tidak “terjajah” secara teknologi, mengingat pangsa pasar Indonesia yang cukup besar ditambah dengan jumlah penduduk yang cukup besar menjadikan Indonesia sebagai Negara dengan peluang pemasaran yang sangat potensial. Jadi pada intinya mari kita sebagai warga masyarakat bekerjasama dengan pemerintah untuk saling bahu-membahu, dan jangan sampai peluang besar ini dilewatkan begitu saja karena bagaimanapun juga konvergensi IT dan telekomunikasi akan terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman dan meningkatnya kompleksitas social sehingga kita benar-benar bisa memanfaatkan seoptimal mungkin sisi positif dari konvergensi IT dan telekomunikasi ini untuk kepentingan dan kemajuan masyarakat kita serta demi kejayaan Nusa dan Bangsa Indonesia.

www.agroprisma.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar