Pages

Pusat Riset dan Kajian Ilmiah Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang

Kamis, 27 Januari 2011

Menjelang PKM GT Maba 2011 UB

Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM-GT) Mahasiswa Baru akan diadakan kembali pada tanggal 11 - 12 Pebruari 2011 di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA-UB). Lomba ini menurut rencana akan diikuti oleh 70 kelompok yang menjadi unggulan dari setiap fakultas. Tahun ini ada 12 fakultas ditambah Program Kedokteran Hewan (PKH) dan program Vokasi yang telah akan turut menjadi peserta

Menurut penjelasan Kasubag Minat dan Penalaran UB Zuchowardi SE, mestinya minggu ini fakultas sudah melaksanakan seleksi. Dikarenakan pengumpulan nama kelompok lima terbaik dari masing-masing fakultas berserta softcopy presentasi ke universitas paling lambat tanggal 28 Januari 2011. Namun sepengetahuannya baru Fakultas Ekonomi dan PKH yang telah melaksanakan seleksi. Demikian disampaikannya pada PRASETYA Online, Rabu (12/1).

Disampaikan pula, pelaksanaan PKM-GT akan diadakan secara bergiliran di setiap fakultas untuk meratakan iklim PKM di semua fakultas. Selain itu, mulai tahun ini juga akan diberikan Piala Bergilir Rektor untuk fakultas yang menjadi juara umum. "Ini untuk meningkatkan minat fakultas mengirimkan proposal yang berkualitas," tuturnya.

Lomba akan dibagi dalam lima kelas yang masing-masing terdiri dari 14 kelompok. Setiap kelas nantinya akan diambil lima terbaik yaitu Juara I setara Emas, Juara II setara Perak dan Juara III setara Perunggu serta Harapan I dan Harapan II. Hadiah yang akan diperoleh berupa uang tunai untuk untuk juara I senilai Rp 2 juta, juara II Rp 1,5 juta, juara III Rp 1 juta, harapan I Rp 500 ribu dan harapan II Rp 300 ribu.

PKM-GT Maba merupakan agenda tahunan dari Bagian Kemahasiswaan UB. Program ini berupaya mengenalkan dan melatih mahasiswa baru UB yang mempunyai minat dan bakat di bidang penulisan karya ilmiah. Diharapkan dari lomba ini iklim penulisan karya tulis dimasing-masing fakultas akan meningkat.

Pada saat ini fakultas yang paling menonjol dibidang penulisan karya tulis adalah Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknologi Pertanian. Kedua fakultas ini merupakan langganan setiap tahun dalam jumlah pengiriman proposal PKM terbanyak ke DP2M Dikti terbanyak dan dalam penyertaan delegasi/kelompok yang mengikuti event nasional ( Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional - PIMNAS ).[zw/ai]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar