Pages

Pusat Riset dan Kajian Ilmiah Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang

Selasa, 11 Agustus 2009

INFO PKM 2009



PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa.

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni

Terdapat 6 (enam) jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), dan PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I) serta PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).
Untuk tahun 2008 Fakultas Pertanian meloloskan meloloskan 19 karya terbaik mahasiswa untuk selanjutnya di danai pada Program Kreativitas Mahasiswa ini dengan rincian 12 PKM-Kewirausahaan (PKM-K), 2 PKM pengabdian masyarakat (PKM-M), dan 5 PKM Penelitian (PKM-P)
Ada berita terbaru mengenai PKM. Bahwa untuk tahun 2009 pengajuan dana meningkat menjadi 10 juta rupiah dimana sebelumnya pengajuan dana maksimal hanya 6 juta rupiah.
Untuk PKM 2009 diperkirakan seperti tahun-tahun sebelumnya proposal dikumpulkan di rektorat paling lambat tanggal 5 Oktober 2009. Jadi buat teman-teman Mahasiswa yang berminat untuk mengajukan proposal PKM ke DIKTI bisa dimulai dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar